Cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC


    Windows merupakan sistem operasi yang masih tetap eksis dan populer sampe sekarang ini. Perkembangan windows sudah sangat cepat hingga sampe detik ini update versi terkhir dari produk microsoft yaitu windows 10. Windows 10 merupakan versi windows yang saat ini mulai banyak dipakai oleh pengguna Laptop dan PC.

 
Kali ini saya akan membahas tips tentang cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC. Sahabat RZ pasti sudah kenal atau tidak asing lagi dengan istilah booting. Booting adalah proses penyalaan komputer dari awal mulai komputer dihidupkan sampai perangkat komputer yang sahabat RZ pakai benar-benar siap digunakan.

Lamanya waktu booting ini kerap menjadi masalah. Jika pernah atau sedang mengalami hal tersebut. Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi. Saya akan membahas tips tentang cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC.

  1. Matikan program-program yang berjalan saat startup
  2. Mengaktifkan fast startup
  3. Menghilangkan elemen transparan pada start menu

1. Matikan program-program yang berjalan saat startup
1.    
Beberapa program yang ada pada perangkat laptop dan pc biasanya masih berjalan ketika proses startup berlangsung. Hal ini mengakibatkan kinerja laptop menjadi lebih berat dan lambat. Oleh sebab itu mari ikuti langkah mematikan program-program yang masih berjalan saat startup :

Arahkan ke menu search pada windows lalu ketik “Task Manger” dan klik


Setelah diklik akan muncul tampilan jendela panel task manager, task manager akan menampilkan program-program yang sedang dijalankan saat itu.Klik menu tab Startup dan pilih program yang ingin dimatikan. Terakhir klik tombol Disable.



2.    2.  Mengaktifkan fast startup

Langkah untuk mengaktifkan pengaturan fast startup yaitu dengan mengklik kanan tepat di atas ikon baterai yang ada pada taskbar. Lalu klik Power options.
Setelah kebuka panel nya, maka pilihlah choose what the power buttons do. Klik pilihan tersebut.



Lalu, cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC yang harus dilakukan kemudian adalah dengan mengklik tulisan change settings that are currently unavailable. Begitu sudah di klik, sahabat RZ langsung menceklis pilihan turn on fast startup. Lakukan semuanya seperti gambar dibawah ini. Dan yang langkah terakhir jangan lupa tekan tombol save.



3.    3.  Menghilangkan elemen transparan pada start menu

Efek elemen transparan memang bagus untuk tampilan. Pada pengaturan standart nya, efek elemen transparan ini otomatis sudah aktif dari awal,namun ternyata menerapkan efek ini bisa membuay proses booting pada laptop atau PC menjadi lebih lama dari biasanya. Oleh sebab itu, untuk cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC yang cukup efektif adalah dengan menghilangkan elemen transparannya.

Ini adalah langkah-langkah untuk menghilangkan elemen transparan pada start menu :
Pertama, klik kanan pada desktop dan klik personalize



Selanjutnya setelah memilih menu personalization, masuk ke pilihan pengaturan colors.
Pada menu colors, sahabat RZ akan menemukan pengaturan mengenai Transparancy Effects. Jika pada laptop dan PC sahabat RZ pengaturan tersebut masih aktif atau on, maka yang harus dilakukan adalah mengubahnya menjadi off.


Demikian sedikit tips cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC dari rz-comp. Silahkan mencoba dan bila ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk bertanya, Insyallah kami akan menjawabnya.

Terimakasih 😊

0 Response to "Cara mempercepat booting windows 10 di Laptop dan PC"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel